Sunday, March 31, 2013

Ekskul fotografi, penyaluran minat yang sedang tren

15 tahun yang lalu, baru masuk sekolah menengah atas, eskul yang ditawarkan masih sebatas olahraga, berbaris, keagamaan dan musik. Belum ada yang namanya ekskul fotografi karena saat itu kamera masih manual. Masih pakai film. Untuk proses mencetaknya sangat mahal dan hasilnya belum tentu bagus.

Sekarang, jaman sudah berubah dan teknologi semakin canggih. Fotografi sudah lebih mudah. Memotret semakin tidak repot. Hasilnya pun juga bisa dimanipulasi jika hasilnya tidak sesuai harapan, bisa diedit.

Kini, peminat fotografi semakin banyak hingga dari sekolah menengah atas sudah memberi penyaluran minat lewat ekskul fotografi.

Seperti terlihat foto dibawah ini, sekolah khusus wanita, Santa Ursula, mengadakan kegiatan ekskul fotografi di Ancol.

Saturday, March 30, 2013

3 cara instan menjadi konsultan erp

Menjadi konsultan erp khususnya ms dynamic nav sebetulnya bisa di karbit. Tidak butuh 6 bulan atau 1 tahun lebih.

Berikut caranya.

1. Pelajari dasar akuntansi. NAV itu sebetulnya aplikasi akuntansi. Namun ditambahi dengan modul2 order management seperti sales order, purchase order, job order dll. Semua itu akan membentuk jurnal ketika terjadi proses posting disetiap transaksi.

Cara cepat mempelajari akuntansi adalah dengan mengunduh video dasar akuntansi di youtube.

2. Pelajari dasar order management. Setelah mengenal basic accounting, waktunya mempelajari order management dasar yaitu pembelian(PO) -- gudang(inventory) -- penjualan(SO).  Materi ini biasanya materi dasar NAV.

3. Setelah mempelajari SO - inventory - PO, barulah mempelajari jurnal yang dibentuknya. Seperti setelah PO, maka terbentuk AP. Cek sisi debet dan kreditnya. Cek ada berapa banyak jurnal yang terbentuk. Begitupun SO. Cek jurnal AR-nya. Cek jurnal diskon, ppn dll.

Itu dulu. Nanti disambung lagi jika ada kesempatan.

Resiko ditanggung sendiri

Menghindari complain customer memang harus jeli. Sebetulnya ada banyak cara, namun terkadang suka dilupakan atau diabaikan. Ketika terjadi komplen, baru dibuat pengumuman.

Papan pengumuman yang dipasang di area bermain kfc ini sangat sederhana, namun ampuh untuk menghindari ganti rugi yang cukup besar.

Di bisnis logistik yang saat ini saya geluti juga sama. Namun masih banyak papan pengumuman yang belum dibuat sehingga masih banyak komplen dari customer yang sulit dihindari.

Bisnis content di rumah makan cepat saji

Bisnis rumah makan cepat saji semakin variatif dalam menawarkan jasa. Dengan tujuan boost profit, segala cara dilakukan. Seperti yang dilakukan kfc, mereka merambah layanan acara ulang tahun di restorannya. Simpel, namun menguntungkan.

Selain layanan ultah, kfc juga mencari untung dari musik.

Artinya, berbisnis tidak melulu sesuai jalur. Namun boleh out of the box.

Bisa dibilang, kfc menyadari kalau mereka adalah hardware dan perlu diisi software2 yang bisa meningkatkan sales hardware-nya. Seperti portal berita yang perlu diisi dengan content berupa berita, komentar, foto dll.

Luar biasa.

3 kejadian kurang menyenangkan di jalan raya ketika membawa mobil

Belakangan ini, saya sering mendapati dan melihat bahkan merasakan bagaimana pengendara berperilaku dijalanan. Sungguh mengenaskan.

Akhir-akhir ini, hukum rimba yang berlaku dijalan.

Berikut 3 kejadian negatif yang saya rasakan langsung.

1. Ditabrak motor. Saya pernah membawa mobil di daerah cakung, ketika itu hendak masuk ke mal dari jalur seberang. Ketika semua mobil dan motor sudah berhenti memberi saya lewat, tiba2 motor melaju kencang dari arah kiri. Motor itu langsung menabrak saya. Ketika saya tuntut ganti rugi, sipengendara motor malah ngotot bahwa saya yang salah. Setelah debat, saya ajak ke kantor polisi. Baru jalan, kabur.

2. Belok tidak pakai pelan. Belum lama ini, saya hampir menyerempet pengendara motor yang membawa motor tanpa berhenti dahulu ketika berbelok. Saya tegur lewat klakson, malah dibalas klakson.

3. Tabrakan mobil di tol. Bahu jalan bukan jalur untuk menyalib. Tapi banyak pengendara mobil tidak mengindahkan aturan ini hingga saya sekali melihat mobil mercy menabrak mobil mogok ketika si mercy dengan kencang menyalib dari bahu kiri.

3 cara menjadi bahagia

Menjadi bahagia sebetulnya tidak susah. Berikut  3 cara menjadi bahagia versi refleksi hidup saya pribadi.

1. Rajin beribadah. Saya memang tergolong kurang rajin beribadah. Namun sebetulnya, beribadah sangat menolong hidup kita dikala mendapat cobaan. Sekali pernah, ketika ada masalah rumah tangga yang membuat saya frustasi, saya mendengarkan kotbah yang menjelaskan kiat-kiat menghadapi badai dalam rumah tangga. Akhirnya, saya coba jalankan dan berhasil. Hatipun lega.

2. Berteman dengan orang lebih tua. Kata-kata bijak sering terceletuk oleh teman2 yang usianya lebih tua dari saya. Ketika ada masalah, teman saya bilang, "jangan kamu kabur dari masalah. Sebagai laki, hadapi."

3. Cintai pekerjaan. 30% waktu kita habis di kantor. 30% lagi habis untuk tidur. Kalau 30% waktu dikantor kita habiskan untuk pekerjaan yang kurang kita cintai, sungguh menyiksa.

Itu saja. Nanti dilanjutkan kembali.

Wednesday, March 27, 2013

Membahagiakan anak dengan cara murah

Membahagiakan anak memang perkara yang tidak mudah dan murah. Perlu dana dan tenaga. Untuk urusan ini, saya biasanya membawa anak keliling komplek atau kampung. Duit keluar sedikit plus anak jadi tidak rewel. Namun, keseringan begini, membosankan juga.

Saat asik-asik mencari kebutuhan perkakas rumah, ternyata di Ace Hardware ada arena bermain gratis. Jadilah tempat bermain anak saya. Gratis, bersih, ber-AC dan nyaman.

3 cara membeli barang pendukung departemen information technology

Dalam menjalankan departemen information technology atau dep IT, perlu dukungan barang-barang supporting seperti obeng, solder, vacuum cleaner, printer barcode, dll. Namun, untuk membeli barang2 pendukung tersebut, kita harus berhati-hati. Jangan sampai salah beli. Berikut tip atau cara membeli barang2 pendukung IT.

1. Minta penawaran dari 3 vendor yang berbeda. Tujuannya: untuk mendapatkan harga termurah.

2. Minta didemokan. Hal ini untuk memastikan barang yang dibeli tidak salah. Minta didatangi dan bawa barang demo.

3. Jika tidak bisa demo, datangi tokonya. Mintalah petunjuk cara pakai dan manfaatnya.

Ok. Itu saja.

Friday, March 22, 2013

Preventive maintenance di workshop

Apa itu preventive maintenance? Khususnya di dunia perbengkelan atau workshop.

Preventive maintenace adalah usaha perencanaan perbaikan supaya proses perbaikan bisa lebih cepat dilakukan.

Istilah ini berkembang dikala departemen workshop menjadi sorotan karena banyak permintaan urgent yang diakibatkan kurangnya perencanaan perbaikan.

Preventive maintenance menjadi sulit jika satu perusahaan memiliki banyak jenis unit mobil atau truk karena masing2 merek memiliki sparepart yang berbeda2.

Itu dulu.

Performance scorecard untuk cost center

Membuat performance scorecard untuk cost center sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Cukup lakukan 3 pembagian: produktifitas, efektifitas dan kedisiplinan.

Produktifitas: hitung berapa tugas kerja dan keberhasilannya.

Efektifitas: hitung biaya perkepala dari total investasi yang telah dikeluarkan.

Disiplin: absensi, kehadiran meeting dan lain-lain.

Seperti itu saja.

3 cara sukses menjadi warehouse manager

Untuk menjadi warehouse manager, tidak sesulit yang dibayangkan loh. Bagaimana cara sukses menjadi warehouse manager.

1. Menguasai warehouse management system.

2. Adakan briefing setiap hari. Menjaga konsistensi kwalitas pekerjaan staf gudang tidak gampang. Namun dengan pertemuan berkala, segala kesulitan bisa cepat diselesaikan.

3. Investasi forklift? Jangan. Pilih sewa. Forklift rusak, anda tidak pusing perbaikannya.

Untuk no. 1, jika ada kebutuhan software WMS, silakan hubungi saya via email.

3 cara sukses menjadi distribution manager

Menjadi distribution manager itu tidak sulit. Berikut 3 cara untuk menjadi distribution manager yang sukses.

1. Memahami aplikasi transportation management system.

2. Pintar berbicara didepan umum. Terutama terhadap supir. Menjaga hati supir adalah hal yang cukup unik untuk ditangani.

3. Pintar bernegosiasi. Customer dunia distribusi cepat masuk & cepat keluar. Untuk itu, perlu pintar bernegosiasi agar pelanggan tidak lari.

Untuk nomor 1, jika anda membutuhkan aplikasi transportation management system, bisa contact saya via email :)

Thursday, March 21, 2013

Trikarsa

Seminar hari ini, diperkenalkan perusahaan Trikarsa.
Trikarsa memperkenalkan 4 divisinya:

Sales center division

Mid range division

Architecture division

Training center division.

--

Trikarsa sebetulnya adalah salah satu vendor IT perusahaan saya. Mereka yang mengundang saya ke acara ini.

Microsoft licenses

Dalam seminar 1/2 hari dari Microsoft, dijelaskan mengenai lisensi.

MS licenses di bagi 2, > 250 dan < 250.
Di bagi 2 lagi, comprehensive dan transactional.
Di bagi lagi, perpetual atau non perpetual.

Ribet yah...

Dijelaskan juga tentang OEM dan FPP. Buat beli banyak, better OEM. Sebaliknya, FPP.

-- Enterprise agreements --

Merupakan standarisasi untuk 1 company yang cukup fleksibel.

Dijelaskan juga mengenai core CAL & enterprise CAL.

Intinya, beli lisensi Microsoft tidak boleh asal beli. Karena selain biar maksimal uang yang sudah dikeluarkan, juga mendapatkan keuntungan tambahan seperti free training, dll.

Dealing with development lifecycle

Di acara seminar BI oleh Microsoft Indonesia, acara kedua adalah development lifecycle yang dibawakan oleh Wirawan Winarto. Development tool specialist.

Menarik materi ini adalah membahas fase development yang end to end didalam satu tool yaitu visual studio.

Team without barriers

Define - develop - operate.

Dalam sub materi ini, microsoft memperkenalkan Team foundation server.

Disini juga diperkenalkan semua level menggunakan produk microsoft. Dari mulai Project Manager, business analyst, architect, tester leader dst. Mereka bekerja dalam satu tool yaitu visual studio.

Menarik lagi, new inquiry atau new request bisa muncul otomatis di visual studio. Bahkan dari power point, kita bisa buat user interface design yang bisa menjadi dasar untuk developer.

Disini juga diperkenalkan source control yang sudah menjadi satu dalam visual studio.

Itu saja.

Microsoft sql server 2013 - power pivot, will kill qlikview?

Microsoft dan Tri Karsa mengadakan seminar BI. Berlokasi di kantor Microsoft Indonesia, acara dimulai dengan materi sql server 2012.

Acara yang diadakan pada hari rabu, 21 maret 2013 ini cukup menarik karena Ms memperkenalkan produk BI yang sudah bekerja secara in memory. Teknologi yang diperkenalkan adalah piwer pivot.

Dengan launching teknologi BI in memory, artinya MS haed to head dengan qlikview.

Apakah qlikview akan mati?

Kita lihat nanti.

Thursday, March 14, 2013

Things to do jika jadi IT director

Apa yang akan saya lakukan jika saya menjadi IT director di suatu perusahaan?

1. Saya akan mengganti semua PC level supervisor sampai manager dengan laptop intel celeron. Kok spek rendah? Ya. They no need spek tinggi karena yang dibuka paling cuma ms Word, excel, ppt dan aplikasi2 simple.

2. Pasang linux! Ya. Membeli lisensi windows mulai menyebalkan...

3. Hire java programmer untuk membuat aplikasi back office.

Itu dulu. Thanks untuk atensinya :)

Kategori

info (205) foto (133) komentar ga penting (128) fotografi (123) Technology (104) Kantor (95) website (88) blog (84) Jakarta (78) comic strip (75) bisnis (71) karir (51) suara hati (51) senda-gurau (50) wisata (38) Bekasi (37) Internet (34) manajemen (31) kuliner (22) selebritis (21) soccer (21) Navision (20) iklan (14) kasus (14) sql server 2005 (13) buku (11) Greeting (10) movie (10) komik strip (9) novel (9) programming (9) televisi (9) Banjir (8) VCD/DVD (8) kopi (8) Vanessa (7) billiard (7) hypermarket (7) bogor (6) kesehatan (6) rumah (6) old document (5) Terios (4) basket (4) guru (4) Axapta (3) bioinformatika (3) azure (1)

My Instagram